Friday, September 13, 2013

Karakteristik Wirausaha dan Metode Acak Kata

Selain mengajar Ekonomi, gue juga diamanahi untuk mengajar mata pelajaran Wirausaha. Kewirausahaan adalah pelajaran wajib di SMK, tapi untuk di SMA tempat gue ngajar, mata pelajaran kewirausahaan juga dimasukkan sebagai muatan lokal.

Rencana kepala sekolah, pelajaran Kewirausahaan ini hanya akan ada di tahun pertama, jadi gue harus sekreatif mungkin meng-compile SK-KD dari mata pelajaran Kewirausahaan SMK yang notabene lamanya tiga tahun. Salah satu materi yang cukup penting untuk disampaikan adalah mengenai Karakteristik Wirausaha.

Karakteristik wirausaha dirumuskan oleh banyak ahli, namun yang paling terkenal adalah karakteristik wirausaha menurut Bygrave. Berikut Karakteristik Wirausaha menurut Bygrave yang dikenal dengan 10 D:
  1. DREAM (Mimpi)
  2. DECISIVENESS (Tegas)
  3. DOING (Melakukan)
  4. DETERMINATION (Komitmen, Kebulatan tekad)
  5. DEDICATION (Dedikasi)
  6. DEVOTION (Mengabdi)
  7. DETAILS (Rinci)
  8. DOLLARS (Uang)
  9. DESTINY (Nasib)
  10. DISTRIBUTE (Menyebarkan/menyalurkan kewajiban)
Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik disini.

Menjelaskan mengenai karakteristik, sifat, faktor keberhasilan, dan lain-lain dalam pelajaran Kewirausahaan bisa sangat membosankan apabila dilakukan dengan metode ceramah biasa. Oleh karena itu, untuk mencegah keboringan, gue mencoba salah satu metode pembelajaran interaktif; Metode Acak Kata.

What you need

Potongan huruf. Tulis kesepuluh karakteristik dan gunting per huruf.

Masukkan pada amplop dan beri nomor. Satu amplop mendapat potongan huruf dari dua karakteristik,

Langkah Pekerjaan
  • Bagi siswa kedalam lima kelompok secara acak
  • Bacakan aturan main, sampaikan bahwa masing-masing kelompok akan diberi amplop berisi potongan huruf. Tugas mereka adalah menyusunnya hingga menemukan masing-masing dua karakteristik wirausaha.
  • Setelah siswa paham, amplop dibagikan tanpa boleh dibuka terlebih dahulu
  • Permainan dimulai dan amplop dibuka pada saat bersamaan.
  • Kelompok yang mampu menemukan kata harus melakukan konfirmasi dulu pada guru, untuk mengetahui apakah kata yang mereka temukan tepat
  • Apabila satu kelompok sudah menemukan dua karakteristik, maka tugas selanjutnya adalah ,mencari arti kata tersebut dan menghubungkannya dengan bidang kewirausahaan. 



Sayangnya, gue nggak sempet ambil foto ketika pelaksanaan. Seisi kelas cukup excited dengan suasana kompetisi yang tercipta. http://eemoticons.net

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...